TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Wadahi Aspirasi Pemuda, Komunitas Pemuda Desa Banyuanyar Adakan Kongkow Kepemudaan Di BLK Miftahul Jadid

Jatim Aktual, Banyuwangi – 25 Oktober 2023 sebagian Desa se Indonesia akan mengelar pesta demokrasi PILKADES, tanpa terkecuali Kecamatan Kalibaru.

 

Kecamatan Kalibaru sendiri terdapat enam Desa, dari enam Desa setidaknya dua diantaranya akan mengadakan PILKADES pada tanggal 25 Oktober 2023 tersebut, yaitu Desa Banyuanyar dan Kalibarukulon. 22/10/2023

 

Desa merupakan pondasi yang utama untuk kemajuan negara. Negara, khususnya Desa memiliki instrumen pemuda untuk bisa mewujudkan kemajuanya. Seperti kata bijak yang sudah banyak orang ketahui, syubbanul yaum rijalul ghod yaitu pemuda masa kini adalah pemimpin dimasa depan.

 

Untuk merepresentasikan hal tersebut tentu butuh aksi nyata yang bisa dilakukan oleh pemuda, mengingat keberadaan pemuda di desa sangatlah vital. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh pemuda untuk mengimplikasikan hal tersebut, salah satu contohnya seperti yang diadakan pemuda Banyuanyar.

 

Pemuda Banyuanyar Kecamatan Kalibaru mengadakan Kongkow Kepemudaan yang diadakan Sabtu malam 21 Oktober 2023, acara ini diadakan di BLK Miftahul Jadid Curahleduk Banyuanyar Kalibaru.

 

Dengan tema Desa sebagai masa depan pemuda dan pemuda sebagai masa depan Desa, Kongkow ini diikuti oleh perwakilan pemuda yang ada di tiga Dusun Desa Banyuanyar, diantaranya ada Krajan, Curahleduk dan Lekap. Selain itu panitia juga turut mengundang karang taruna Desa Kalibarumanis selain karena tetangga desa, juga merupakan karang taruna yang cukup aktif di Kecamatan Kalibaru.

 

Mifta, Ketua panitia penyelenggara saat ditanya mengatakan, “Kami perlu melakukan kegiatan semacam ini, kami sebagai pemuda tentu memiliki mimpi yang berbeda dengan kaum tua, adanya Kongkow Kepemudaan ini tentu sebagai sarana pemersatu dan menyepahamkan dari masing-masing pribadi bagaimana peran pemuda untuk Desa”, ujarnya.

 

Menurut Habib, pemantik sekaligus pendamping Desa Banyuanyar, yang juga merupakan Dosen disalah satu kampus yang ada di Banyuwangi. “Kegiatan semacam ini seharusnya diadakan di Desa dan oleh Pemerintah Desa, sehingga ada outputnya”, pungkasnya.

 

Sementara itu saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, panitia mengatakan bahwasanya kegiatan ini sebenarnya direncanakan di Balai Desa, namun demi menjaga kondusifitas dan ketentraman masyarakat menjelang PILKADES acara ini tidak diijinkan digelar di Balai Desa Banyuanyar, akhirnya muncullah BLK Miftahul Jadid sebagai solusinya.

 

Acara yang juga dihadiri oleh pemantik Fatchan Himami Hasan Ketua Gusdurian Banyuwangi dan Ainur Rofiq sebagai penasihat HIPMI Banyuwangi ini ditutup dengan tanda tangan deklarasi PILKADES damai serta sesi foto bersama.

 

Para pemuda dari Desa Banyuanyar tersebut juga sepakat untuk melaksanakan kembali Kegiatan Kongkow kepemudaan ini dengan ditempatkan di Balai Desa Banyuanyar sekaligus mengundang Kepala Desa terpilih. (Khd, Red)